PT PPI, 19 Tahun Untuk Indonesia Dukung Kedaulatan Pangan

JAKARTA – Dalam rangka HUT ke-19 dan komitmen PPI yang terus berupaya mewujudkan ketahanan pangan nasional melalui pengembangan portofolio produk pangan yang terjangkau dan berkualitas untuk masyarakat, PPI mengadakan soft launching produk terbaru produk minyak goreng, beras, dan sabun pencuci piring. Soft Launching tersebut dilakukan pada (19/6/2022) di Graha PPI, Jakarta.

Ketiga produk tersebut diluncurkan dengan nama brand Minyak Goreng Liva, Beras Cap 3 Warung, dan Sabun Pencuci Piring Okemam.

Peluncuran ketiga produk ini juga menjadi salah satu peran PPI dalam meningkatkan fungsi PPI sebagai perusahaan trading logistic yang menyediakan produk pangan dan lainnya untuk kebutuhan masyarakat.

Adapun produk yang diluncurkan yang pertama yaitu Minyak Goreng LIVA, yang berasal dari perkebunan kelapa sawit nusantara yang diolah oleh anak bangsa, sehingga menjadi minyak goreng premium untuk keluarga Indonesia.

LIVA kaya akan vitamin A dan berwarna kuning keemasan dari betakaroten. Diproses melalui 2 kali tahap penyaringan, LIVA teruji memiliki daya penurunan mutu yang lebih lambat dari minyak goreng lainnya, sehingga menghasilkan minyak goreng yang tidak hanya higenis, tetapi juga jernih berkualitas dan aman dikonsumsi.

Produk kedua yaitu Beras Cap 3 Warung. Berangkat dari persamaan antara Beras dan Warung yang keduanya menjadi bagian penting dari sendi kehidupan masyarakat Indonesia.

Beras Cap Tiga Warung dari penyilangan benih padi varietas pilihan dan diproses dengan teknologi modern dan higienis. Beras Cap Tiga Warung hadir dengan tekstur yang lebih pulen.hadir dengan aroma wangi pandan dengan tekstur yang lebih pulen. Mutunya terjamin, murni, dan alami, yang terbebas dari pewangi, pemutih, dan pengawet, sangat baik dikonsumsi setiap hari.

Produk ketiga adalah Sabun Pencuci Piring Okemam. Okemam ampuh untuk membasmi bau amis dan lemak membandel. Setiap tetes Okemam mengandung ekstrak jeruk nipis dan bahan aktif surfaktan.

Bahan aktif surfaktan bekerja ekstra mengikat kotoran berminyak dan lemak, yang akan larut dalam air. Ekstrak jeruk nipis memiliki aroma kuat untuk membantu menghilangkan bau, bahkan pada wadah plastik sekalipun.

Disampaikan juga, bahwa di tahun 2022 ini bersama IDFood, PPI mendapat kepercayaan untuk menjalankan distribusi minyak goreng ke seluruh Indonesia. Tercatat sejak awal peluncuran program hampir mencapai 20 juta liter minyak goreng telah disalurkan PPI melalui pasar-pasar tradisional, 32 cabang PPI maupun melalui saluran digital kami yaitu aplikasi Warung Pangan ke ribuan @mitra Warung Pangan.

Melalui anak usaha PPI yaitu PT BGR Logistik Indonesia, kami juga dipercaya untuk menyalurkan bahan-bahan kebutuhan pokok berupa gula putih, beras, minyak goreng dan daging ke berbagai daerah, termasuk bekerja sama dengan Kementrian Perhubungan menggunakan tol laut.

Di bidang pengembangan bisnis, berbagai inisiatif strategis dilahirkan oleh Break through Project Team, seperti pengembangan produk-poduk baru, perluasan bisnis komoditas pangan lainnya, serta perdagangan internasional. Minggu depan PPI kembali akan mengekspor kopi ke Mesir sebanyak 79,2 ton, sebagai bagian dari komitmen 3000 MT, yang sudah diekspor mulai Januari tahun 2022 ini dengan total 461 ton.

Dalam rangkaian HUT PPI ke-19, PPI juga melakukan kegiatan CSR, di antaranya melakukan program pengendalian penanganan sampah di Lampung, menyalurkan program wakaf Alquran di Sumatera Barat, melakukan perbaikan jalan desa di Boyolali, dan pasar murah BUMN Holding Pangan di beberapa wilayah. Kegiatan lainnya adalah perhatian terhadap lingkungan dan penghijauan di seluruh kantor cabang PPI.
Harapan PPI, peluncuran produk dan rangkaian kegiatan HUT yang telah berjalan memberikan manfaat bagi masyarakat, produk yang diluncurkan ke depan dapat diterima dan memenuhi ruang kebutuhan bagi keluarga Indonesia.

Dalam peningkatan tata Kelola, PPI bekerjasama dengan Bank Mandiri dengan meluncurkan dan mensosialisasikan Virtual Account dan KOPRA. Manfaat virtual account ini di antaranya memudahkan pelanggan dalam melakukan channel pembayaran apapun, dilakukan di mana saja, kapan saja, secara real time, serta memudahkan identifikasi pembayaran.

PPI mendapatkan berbagai doa dan harapan di usia ke-19 yang menjadi momentum awal roadmap perusahaan trading dan logistik, oleh para pemegang saham dan para pemangku kepentingan yang menitipkan agar PPI dapat memberikan yang terbaik dalam bisnis perdagangan logistik yang kuat dan berdaya saing global dalam melayani masyarakat. Beliau menekankan PPI harus mendukung ekosistem BUMN Holding Pangan ID Food menuju kedaulatan pangan Indonesia.